viralmedia.id

PALEMBANG РSejumlah keluarga atau kerabat mantan kepala daerah atau wakil kepala daerah di provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), berlomba- lomba menjadi anggota legislatif pada Pemilu 2024.

Salah satu trah yang paling banyak berpeluang duduk di legislatif adalah keluarga, Gubernur Sumsel Herman Deru.

Untuk ditingkat DPD RI daerah pemilihan (Dapil) Sumsel sendiri, terdapat nama putri mantan Gubernur Sumsel Herman Deru yaitu Ratu Tenny Leriva yang saat ini unggul dalam perolehan suara sementara.

Lalu ditingkat DPR RI dari Dapil Sumsel yang berpeluang terpilih, terdapat anak Herman Deru lainnya yakini Samantha Tivani (anak) dari Dapil Sumsel II partai NasDem, Bertus Melas (adik kandung Herman Deru) Dapil Sumsel II partai PKB dan M Yaser (menantu) Dapil Sumsel I dari NasDem.

Selain itu kerabat Herman Deru juga berpeluang terpilih di DPRD Sumsel, diantaranya Meillinda (adik) dari Dapil IV Partai Nasdem, Sri Sutandi (adik ipar) dari Dapil III partai NasDem.

Sedangkan adik Deru yaitu Tennovita yang maju DPRD Sumsel Dapil IV dari PDIP serta ipar Deru yaitu Kol Inf (Purn) Ruslan yang merupakan suami Tennovita maju DPR RI Dapil II dari PDIP dari hasil quick count sementara KPU masih tertinggal dari Caleg lainnya.

Selain keluarga Herman Deru masih banyak sejumlah keluarga pejabat lainnya yang berpeluang duduk di legislatif.

Seperti Jialyka Maharani yang merupakan anak eks Bupati Ogan Ilir (OI) Ilyas Panji Alam, Amalia yang merupakan anak dari mantan Sekda OI Sobli yang notabane merupakan besan dari eks Wagub Sumsel Mawardi Yahya.

Kemudian ada nama Yetti Oktarina yang merupakan istri mantan Walikota Lubuklinggau SN Prana Putra Sohe.

Belum lagi ada nama Eva Susanti yang merupakan menantu dari politisi senior partai Golkar Kahar Muzakir.

Mereka-mereka ini sendiri termasuk nama lainnya berpeluang untuk duduk sebagai ‘Senator’ dari Sumsel untuk lima tahun kedepan.

Disisi kerabat eks Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya, dalam Pileg 2024 ini terdapat anaknya AW Noviadi yang kemungkinan duduk di DPR RI Dapil Sumsel II dari partai Gerindra kemungkinan melenggang ke senayan.

Sedangkan anaknya yang lain Zaitun yang maju DPRD Sumsel Dapil Sumsel II masih berpotensi untuk merebut kursi.

Lalu menantu Mawardi sekaligus suami Zaitun yaitu Edwin Cahya Putra kemungkinan besar duduk di kursi DPRD Kabupaten Ogan Ilir dari Dapil II partai Gerindra

Belum lagi istri Bupati Musi Rawas Utara (Muratara) Devi Suhartoni  yaitu Rita Suryani caleg DPRD Sumsel Dapil VIII dari PDIP, kemudian istri mantan Wabup Muba Beni Hernedi yaitu Susi Caleg DPRD Sumsel Dapil IX PDIP, dan belum lainnya. (Zaenal)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here