Home Tokoh Makam Pangeran Adi Tuo di Pugar

Makam Pangeran Adi Tuo di Pugar

350
0

viralmedia.id – Jambi

Makam Pangeran Adikusumo Joyodiningrat atau yang disebut dengan Pangeran Adi Tuo, dipugar, Kamis kemaren (10/03/2021) di Dusun Pedak Jayo, Desa Rambutan Masam,.Muara Tembesi.

Pemugaran ini dilaksanakan oleh Ratu Mas Siti Aminah Ningrat yang merupakan piyut dari Pangeran Adi Tuo dan Cucu Pahlawan Nasional Jambi, Raden Mattaher.

Pantauan Halojambinews, pemugaran yang dilaksanakan sejak pagi hingga malam harinya serta dikerjakan oleh keluarga Ketua Yayasan Raden Mattaher Jambi tersebut, seperti pemasangan keramik di dinding makam yang sudah lama rusak.

Termasuk membersihkan area seputar makam serta membersihkan makam-makam lainnya yang ada di area makam anak dari Raja Jambi Sultan Muhammad Fachruddin tersebut. Ratu Mas Siti Aminah Ningrat mengatakan bahwa pemugaran ini dilaksanakan karena kondisi dinding makam sudah lama rusak.

” Di samping kewajiban, kondisi dinding makam sudah lama rusak. Keramiknya pecah dan sudah banyak lepas. Siapa lagi yang akan memugar, kalau bukan kita yang merupakan keturunan langsung dari Almarhum. Di samping itu, kami sangat peduli dengan sejarah karena bangsa yang besar adalah banhsa yang peduli dan menghargai dari sejarah itu sendiri” ucapnya.

Di samping itu, dirinya berpesan kepada Pemkab Batang Hari maupun Pemrov Jambi, supaya buka mata dan memperhatikan aset-aset sejarah yang berkaitan langsung dengan hidup dan kehidupan di Jambi ini, termasuk makam-makam yang berhubungan dengan Kerajaan Melayu Jambi, ulama serta para pejuang dalam memperjuangkan kemerdekaan.

” Saya dengar, banyak makam-makam mereka yang tak terperhatikan sama sekali seakan-akan terbiarkan begitu saja. Tolong pemerintah untuk dapat memperhatikannya, seperti memugar dan dijadikan sebagai situs cagar budaya sejarah supaya dapat menjadi tujuan wisata edukasi bagi anak dan cucu kita” pungkasnya – RQS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here