Home Advertorial Sukses Luncurkan Buku Senandika, Cik Ujang Pelopor Gerakan Literasi Kabupaten Lahat

Sukses Luncurkan Buku Senandika, Cik Ujang Pelopor Gerakan Literasi Kabupaten Lahat

273
0

viralmedia.id ~ Lahat – Bupati Kabupaten Lahat, Cik Ujang, S.H secara resmi meluncurkan buku antologi Cerpen dan puisi karya putra-putri daerah Kabupaten Lahat, Senandika. Kegiatan peluncuran dilangsungkan di Gedung Pertemuan Pemerintah Kabupaten Lahat. Rabu (03/03/2021).

Aan Kunchay dari media wartabianglala.com selaku ketua pelaksana kegiatan, menegaskan bahwa kelahiran buku Senandika tidak lepas dari kerjasama dan dukungan Pemerintah Kabupaten Lahat melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lahat serta Ketua TP PKK Kabupaten Lahat Lidyawati Cik Ujang. Pihak Bank Sumsel Babel Cabang Lahat dan PT Bukit Asam Tbk turut berkontribusi dalam kegiatan ini.

“Dari itu kami selaku penyelenggara, mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Lahat dan juga pihak sponsor. Adapun acara lounching buku senandika atau peluncuran antologi bersama Cerpen dan puisi yang melibatkan penulis lintas generasi, dari tingkat SD hingga penulis umum, baru pertama kali dilakukan di Kabupaten Lahat. Sejarah ini tercipta di kepemimpinan Cik Ujang. Jadi sepantasnyalah jika saat ini beliau disebut sebagai pelopor kebangkitan literasi di Kabupaten Lahat,” kata Aan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lahat, Drs. Suhirdin, M.M mengapresiasi peluncuran buku ini.

“Alhamdulillah, bersama Ketua TP PKK Kabupaten Lahat, kami dapat membersamai kegiatan, mulai dari lomba, penerbitan, hingga tahap peluncuran hari ini. Arahan-arahan dari Bupati Lahat, Cik Ujang, telah menjadi panduan kami dalam menggarap buku ini. Apresiasi kepada tim wartabianglala.com yang sudah berjibaku selaku inisiator dan terima kasih kepada pihak sponsor,” ungkapnya.

Bupati Lahat Cik Ujang.SH dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kerjasama dan dukungan semua pihak dalam proses penerbitan buku Senandika.

“Kepada media warta bianglala, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lahat, TP PKK Kabupaten Lahat, Bank Sumsel Babel Cabang Lahat, PT Bukit Asam Tbk, dan Penerbit Gaksa Enterprise, kami sampaikan terima kasih atas kerja samanya dalam proses mencetak buku Senandika ini. Kami memahami betul, susah payah pihak panitia sejak diadakan lomba hingga melahirkan buku bersejarah ini. Kepada semua pihak yang memberikan bantuan, dukungan moril maupun materiil, kami mengucapkan terima kasih,” ujar Cik Ujang.

Cik Ujang juga menyampaikan harapan, para penulis di buku ini jangan cepat berpuas diri.

“Terus asah dan gali potensi kepenulisan dengan tema-tema yang lain. Harumkan nama Kabupaten Lahat lewat tulisan kalian ke kancah nasional dan bahkan Internasional,” harapnya.

“Penerbitan sebuah buku yang merekam kebudayaan melalui karya sastra merupakan sebuah gerakan pengabadian yang tidak lekang dimakan waktu. Banyak sekali manfaat dari buku Senandika ini. Selain menjadi wadah karya dari para penulis, melihat wajah Kabupaten Lahat lewat karya sastra, juga dapat menjadi bahan ajar di sekolah. Dari itu, kami berharap sekolah-sekolah di Kabupaten Lahat menempatkan buku ini di perpustakaan sekolah masing-masing. Untuk cetakan pertama buku Senandika sebanyak 500 eksemplar. Saya bangga karena panitia penyelenggara secara cuma-cuma memberikan buku secara gratis kepada peserta penulis, termasuk lomba yang juga tidak memungut biaya,” tandasnya.

Peluncuran Antologi bersama Cerpen dan puisi Senandika dihadiri Bupati Lahat Cik Ujang, Polres Lahat yang diwakili oleh Wakapolres Kompol Jossy, Staff Khusus Bupati Lahat Bidang Pendidikan dan Kebudayaan Matcik, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Drs.H.Suhirdin.MM beserta jajaran, jajaran OPD terkait, Dewan Kesenian Lahat, para Penulis Cerpen dan puisi di buku Senandika, serta tamu undangan. -RQS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here